Cara Share Produk BacktoBALI.id Lewat Instagram

Apakah kalian merasa kalau akhir-akhir ini penggunaan Instagram semakin meningkat popularitasnya? Apakah kamu dan teman-temanmu mulai lebih aktif di Instagram daripada di platform-platform social media lain yang lebih dahulu kamu kenal dan gunakan seperti Twitter atau Facebook misalnya?

Ternyata memang secara statistik jumlah pengguna Instagram dan aktivitasnya memang meningkat pesat. Khusus untuk influencer marketing, Instagram merupakan platform social media yang paling banyak digunakan.

Sayangnya, sejumlah alasan teknis membuat kita tidak bisa share campaign produk dari BacktoBALI.id langsung ke Instagram.

Kamu bisa lihat di gambar di samping. Pada saat kita akan memviralkan produk BacktoBALI.id dengan men-share campaign merchant, kita hanya mendapatkan 4 tombol saja. Facebook, Whatsapp, Twitter dan LinkedIn. Tidak ada tombol berlogo Instagram disitu. Tapi jangan khawatir. Tidak adanya tombol Instagram tidak serta-merta berarti kamu sama sekali tidak dapat mempromosikan produk BacktoBALI.id melalui Instagram.

Dengan trik mudah berikut, kamu bisa koq share produk BacktoBALI.id lewat Instagram.

Ambil Link (URL) Campaign Produk

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mendapatkan URL campaign produk BacktoBALI.id yang nantinya akan kita share melalui Instagram.

  1. Pilih produk yang akan kita promosikan dari BacktoBALI.id kemudian click tombol VIRALKAN. Tombolnya mencolok, bulat dan berwarna hijau. Kamu tidak mungkin melewatkannya.
  2. Pada saat kamu mendapatkan jejeran empat tombol dengan logo platform social media yang berbeda-beda seperti Gambar 1, click tombol berlogo Facebook. Tombol kedua dari kiri.
  3. Isi alamat email dan nomor telepon pada form yang tersedia, centang check-box persetujuan seperti pada Gambar 2, lalu click tombol SHARE.
  4. Kamu akan dibawa ke halaman Whatsapp seperti pada Gambar 3 dimana kamu bisa menemukan sebuah URL. Tinggal kamu copy saja dan kamu bisa menggunakan link itu untuk di share di portal-portal lain hanya dengan mem-paste URL itu.

Tambahkan URL di Linktree

Instagram tidak memperbolehkan kita menyisipkan URL pada caption ataupun comment postingan. Karena itu kamu tidak bisa share link campaign produk BacktoBALI.id dengan menyisipkan URL-nya pada postinganmu.

Satu-satunya cara untuk menampilkan link yang bisa di-click audience adalah pada informasi mengenai website di halaman Bio. Sayangnya website di Bio itu juga hanya bisa diisi dengan satu URL saja. Sementara kita mungkin ingin menampilkan banyak link untuk mempromosikan sejumlah produk yang berbeda-beda.

Salah satu cara untuk mengakalinya adalah dengan menggunakan Linktree.

Dengan Linktree kita bisa membuat satu halaman kecil yang berisi banyak URL. Sementara untuk menghubungkannya dengan akun Instagram kita hanya cukup mengisi informasi website di halaman Bio dengan URL Linktree kita.

Kalau kamu sudah punya Linktree yang terhubung dengan Bio Instagram kamu, kamu tinggal tambahkan URL produk yang akan kamu promosikan di Linktree-mu. Kalau belum, kamu harus membuat Linktree dulu, menambahkan URL produk di Linktree, dan menambahkan Linktree itu pada informasi website di halaman Bio Instagram kamu.

Bagaimana caranya membuat Linktree?

Kunjungi websitenya, https://linktr.ee kamu akan dipandu untuk membuka akun, membuat Linktree, menambahkan URL ke Linktree, bahkan mempercantik Linktree-mu dengan sejumlah template yang tersedia.

Masukkan Linktree di Bio Instagram

Kamu pastinya sudah tahu bagaimana caranya mengedit halaman Bio Instagram kan? Nah tinggal buka halaman Bio kamu lalu click tombol EDIT PROFILE. Lalu isikan URL Linktree kamu di kolom WEBSITE seperti di Gambar 1 dan click tombol SUBMIT seperti di Gambar 2. Hasilnya akan terlihat seperti di Gambar 3.

Cara kita posting promosi produk merchant BacktoBALI di Instagram berbeda dengan cara posting di platform lain seperti Facebook yang tinggal click tombol dan kasih caption. Larangan menyisipkan URL pada postingan Instagram mebuat kita perlu sedikit kreatif mencari jalan.

Tapi nggak susah-susah amat koq.

Tinggal siapkan konten berupa video atau foto dan teks untuk caption. Posting konten dan caption seperti biasa memposting konten di Instagram. Lalu pada caption tambahkan kalimat yang menginformasikan bahwa untuk membeli voucher produk tersebut, followermu bisa lihat linknya di Bio kamu.

Hasilnya Seperti Apa?

Nanti audience yang tertarik untuk membeli voucher karena postinganmu di Instagram akan mengikuti instruksimu untuk melihat link di Bio kamu. Dia akan membuka halaman Bio kamu, lalu meng-clik URL Linktree kamu yang ada disitu. Lanjut meng-click link produk merchant yang kamu promosikan.

Kalau dia membeli vouchernya, tahu sendiri lah cerita selanjutnya ya. Komisinya akan langsung masuk ke akun Ipaymu kamu dan bisa langsung ditarik kapan saja kamu memerlukannya.

Ilustrasinya seperti gambar di bawah.

By admin